Senin, 20 Februari 2012

Pengertian Komunikasi

TEKNIK KOMUNIKASI
A.      PENGERTIAN KOMUNIKASI
Tak dapat di ingkari bahwa sesungguhnya sebagian besar aktifitas manusia sehari-hari melibatkan KOMUNIKASI. Sehingga ada yang mengumpamakan bahwa komunikasi itu serupa dengan bernafas, kita tidak pernah memikirkan cara melakukannya. Kita begitu terbiasa dengan tingkah laku komunikasi kita,  sehingga proses tersebut terasa alamiah bahkan mudah dan sederhana. Tidaklah dapat di bayangkan sebuah masyarakat manusia betapapun kecilnya dapat bertahan apalagi berkembang tanpa komunikasi. Komunikasi merupakan PROSES SOSIAL yang fundamental dalam masyarakat. Melalui proses komunikasi ini pulalah proses personal berlanjut untuk saling berbagi rasa dan arti.
Istilah komunikasi mempunyai banyak arti.
Bagi orang awam, mungkin akan di artikan sebagai alat atau media pengirim informasi ; seperti misalnya telepon, telegram, internet, radio atau televisi. Sebenarnya kalau di telusuri, istilah komunikasi ini berasal dari bahasa latin yaitu dari kata COMMUNIS, yang berarti sama (Common).
Apabila kita akan mengkomunikasikan suatu idea atau gagasan, maka kita harus menetapkan terlebih dahulu suatu dasar/titik temu yang sama.  
Ada tiga unsure utama dari definisi komunikasi, yaitu :
1.       Komunikasi harus di pandang sebagai proses
Ini mengandung arti bahwa komunikasi merupakan suatu aliran yang melalui serangkaian tahapan/langkah dan bukan suatu peristiwa yang tersendiri.
2.       Pengiriman informasi, arti dan pengertian
Informasi tidak dikirimkan begitu saja, tetapi harus diterima dan dimengerti. Apabila informasi dikirimkan  dan diterima tetapi tidak dimengerti, maka komunikasi  dalam arti sebenarnya tidaklah tercapai dan terjadilah hal yang disebut MISCOMMUNICATION.
3.       Mencakup aspek manusia dan bukan manusia.


2 komentar:

Recent Comment

Translite

IntenseDebate Comments - Top Commenters