Minggu, 26 Februari 2012

Hambatan-Hambatan dalam Komunikasi dan Faktor Penunjang Keberhasilannya

Banyak faktor yang menjadi penghambat dalam komunikasi, dapat dibedakan menjadi :
1.       Hambatan yang bersifat teknis
Seperti kurangnya sarana dan prasarana yang diperlukan. Kondisi fisik yang tidak memungkinkan terjadinya proses komunikasi maupun method ataupun cara berkomunikasi yang baik belum diketahui. Hamabatan yang bersifat teknis ini, meliputi juga faktor pekerjaan.

2.       Hambatan Perilaku
Seperti : pandangan yang sifatnya apriori (tidak suka), prasangka negative, suasana selalu tidak mau mengalah. Faktor kepentingan pribadi si penerima turut mempengaruhi atau menjadi penghambat.
Apabila ada rasa tidak mempercayai atau kecurigaan, maka hamper dapat dipastikan bahwa komunikasi akan mengalami distorsi atau bahkan ditolak sama sekali.
Sebaliknya, apabila ada saling percaya dan saling menghargai, komunikasi yang “acak-acakan” pun entah bagaimana bisa diterima dengan baik.

Mengembangkan kredebilitas
-          Katakan yang sebenarnya. Berbohong bisa memberikan keuntungan sesaat, tapi begitu kebohongan terbongkar, kredebilitas anda hancur dan sulit sekali diperbaiki.
-          Tindakan sesuai dengan kata-kata.

3.      Hambatan Bahasa
Agar dipergunakan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti ataupun gerak-gerik yang dapat memperjelas ucapan.
Penggunaan istilah dan bahasa yang ber”bunga-bunga”.
Yang dimaksud dengan bahasa berbunga-bunga adalah penggunaan sejumlah kata yang rumit sementara satu kata saja sudah cukup. Misalnya : harga “naik” menjadi harga “mengalami penyesuaian”.
Selain itu ad istilah-istilah. Istilah ini sebenarnya merupakan bahasa khusus yang sama-sama dimiliki oleh anggota suatu profesi atau pekerjaan tertentu. Bagi mereka istilah ini sangat berharga karena sudah mengandung makna yang baku dan dengan demikian bisa menghemat waktu. Tapi sekali lagi, istilah ini hanya berlaku bagi mereka yang mengerti saja.

4.       Hambatan Struktur (Organisasi)
Karena dibedakan tingkat dalam organisasi, terkadang seorang bawahan takut, malu apabila harus berhubungan dengan atasannya apalagi pimpinannya seorang yang berwibawa dan disegani. Karena rasa tersebut maka komunikasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk menghindari hal ini, usahakanlah pemimpin harus lebih bersifat terbuka, supel, mau bergaul dengan bawahan apalagi meluangkan waktu diluar jam dinas untuk bersenda gurau selayaknya seorang sahabat.dan juga sebaliknya, bawahan juga harus punya keberanian menghadapi atasan.

5.       Hambatan Latar Belakang Sosial Budaya
Ini disebabkan oleh suku, adat, tradisi misalnya berbicara dengan orang Solo, lain kalau berbicara dengan orang Batak. Disamping itu latar belakang pendidikan, kebiasaan berteman atau keberadaan lingkungan. Seorang sarjana kadang-kadang sulit berbicara tukang becak, seorang ayah mengalami kesulitan bicara dengan anaknya yang remaja.

6.       Hambatan Karena Proses Komunikasi
Umumnya terjadi karena faktor “saringan”. Contoh dari proses “penyaringan” adalah pada saat kita mengirimkan pesan secara berantai melalui lebih dari satu orang.
Memang sering kali kita tak dapat berhadapan langsung dengan orang yang kita tuju, namun yang penting disadari adalah terjadinya distorsi dalam komunikasi yang diakibatkan proses penyaringan yang panjang.

Faktor-faktor penunjang keberhasilan komunikasi.

A.       Keterpercayaan
B.       Adanya Hubungan (Pertalian)
C.       Kepuasan
D.       Kejelasan
E.        Kesinambungan dan Konsisten
F.        Kemampuan pihak pendengar (Penerima Berita)
G.       Saluran pengirim Berita

2 komentar:

  1. komunikasi akan berjalan lancar bila di lakukan dengan pikiran terbuka

    BalasHapus
  2. lancarnya komunikasi bisa jadi dari komponen komunikasi itu sendiri

    BalasHapus

Recent Comment

Translite

IntenseDebate Comments - Top Commenters